Selasa, 29 Desember 2009

Nuqilan al-Adzkar an-Nawawi

Dalam kitabnya al-Adzkar an-Nawawi menghimpun lebih dari 40buah hadits yang berkenaan dengan aktifitas Nabi SAW menjelang tidur. Secara garis besar tercatat beberapa ritual Nabi SAW tersebut sebagai berikut:
-Berwudlu sebelum tidur
-Sholat witir sebelum tidur
-Membaca al-Quran sebelum tidur. Adapun surat-surat yang dibaca adalah: ayat kursi, surat al-Baqarah 285-286, surat Bani Israil, surat az-Zummar, surat al-Musabbihat, surat al-Kafirun, surat al-Ikhlash, surat al-Mawwidzat (al-Falaq dan an-Nas).
-Mengumpulkan kedua telapak tangan dan meniupnya kemudian dibacakan surat al-Muwwidzat atasnya lalu diusapkan pada seluruh tubuh yang dapat dijangkaunya.
-Berbaring di atas sisi sebelah kanan (lambung kanan) dan disunahkan menghadap kiblat.
-Meletakkan tangan kanan di bawah pipinya.
-Membaca dzikir dan do'a.
Dan setelah kita berada pada posisi terlentang (baca:tidur) ada ritual lain yang diajari oleh Nabi SAW, yang dijelaskan dalam al-Adzkar:
Pertama, adalah ritual dzikir ketika mimpi baik dan buruk. Ada beberapa cara mengatasimya.Apabila seseorang bermimpi baik hendaknya membaca 'hamdalah', dan menceritakan mimpimya pada orang yang menyukainya dan meyakini bahwa mimpinya berasal dari Allah SWT. Sebaliknya, bila mimpinya buruk hendaknya meludah tiga kali ke sebelah kirinya, membaca ta'awwudz tiga kali, merubah posisi tidurnya, dan tidak menceritakannya pada siapa pun serta meyakini bahwa mimpinya berasal dari setan, lalu disunahkan untuk sholat malam.
Kedua, adalah ritual dzikir ketika hendak melakukan hubungan suami istri. Yakni membaca do'a sebelum atau ketika hendak melakukan hubungan intim. Melaksanakan wudlu sesudah melakukannya.
Menurut an-Nawawi orang yang bangun pada malam hari ada dua macam, setelah bangun tidur lagi dan setelah bangun tidak tidur lagi. Bagi orang yang ingin tidur lagi maka setelah bangun mengibas-ibaskan tepi sarungnya sebanyak tiga kali dan berdzikir kepada Allah sampai tertidur. Diterangkan dal al-Adzkar bahwasanya setelah tidur disunahkan mengusap wajah, membaca do'a banguntidur, keluar rumah sambil melihat langit dan membaca surat al-Imran ayat 190-200, kemudian mengambil air wudlu dan sholat tahajjud.

0 komentar:

Posting Komentar

 
footer